globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Meninjau Media Massa Sebagai Panggung Pentas Politik

WARTA SAHABAT- Media massa dapat dengan mudah mempengaruhi bahkan membentuk opini masyarakat, pada saat ini masyarakat dan media adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. karena itu media massa berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan diantaranya kehidupan sosial, budaya, ekonomi hingga politik, hal tersebut membuat peran media massa sering dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi salah satunya sering kali dimanfaatkan oleh kepentingan politik.

Media massa di ibaratkan seperti panggung untuk pentas para politikus.  maraknya kampanye politik di media massa bukanlah suatu hal yang asing, para politikus pada saat ini menjadikan media sebagai alat untuk mendapatkan kedudukan dan jabatan, bahkan hampir semua media baik media cetak maupun media audio visual terutama televisi dan surat kabar dikuasai oleh para pejabat politik. madia kini mengubah kehidupan masyarakat hingga membentuk hiper-realitas merupakan prinsip realitas yang melampaui batas, yang akan menjadi bagian dari struktur fungsional masyarakat. Hiper-realitas tersebut menciptakan suatu hal yang semu dan tabu menjadi terlihat lebih nyata bahkan suatu kepalsuan dianggap lebih benar dari kebenaran yakni isu-isu yang dicptakan lebih dipercaya daripada suatu informasi. karena itu saat ini susah sekali membedakan atara fakta dan hoax.

Dalam bukunya Yasraf Amir Pilang yang berjudul Transpolitika (2005 : 224-226) menyatakan bahwa hiper-realitas dalam media membentuk persoalan sosio-kultural yang berkaitan dengan nilai dan makna. hal tersebut menjadikan peran dan fungsi media sebagai penyampai informasi hilang kreadibilitasnya karena media tidak mengungkapkan realitas dan kebenaran informasi. karena itu hiperrealitas mengakbatkan media kehilangan kreadibilitas karena dalam informasi yang disebarkan tidak ada lagi pengetahuan, nilai dan makna.

Maka dari itu, tidak heran jika antara media yang satu dengan media yang lainnya menyiarkan berita yang berbeda- beda dan saling menutupi fakta atau isu yang beredar mengenai pemilik masing- masing media tersebut.

 

Penulis : Ima Rahmatul K

(Kader PMII UIN Bandung)

 

Comments

comments

Check Also

Jadi Ketua PMII Jawa Barat Pras Gelar Syukuran

WARTA SAHABAT – Segenap tim pemenang Sahabat Fachrurizal menggelar syukuran atas kemenangan yang diraih dalam …